Kurikulum & Mata Kuliah

        Pendidikan dapat ditempuh sekurangnya dalam 6 semester (3 tahun) dan maksimum 10 semester (5 tahun) dengan gelar akademik Ahli Madya Teknik ( A.Md.T ). Jumlah SKS minimum yang harus ditempuh adalah 111 SKS, termasuk Praktek Kerja Nyata (PKN) dan Skripsi. Ditunjang dengan 17 mata praktikum yang teritegrasi dengan perkuliahan. Setiap tahun akademik terdiri semester ganjil dan genap. Semester Ganjil berlangsung dari bulan September – Januari, sementara Semester Genap diselenggarakan dari bulan Maret – Juli setiap tahunnya. Perkuliahan dikemas dalam konsep kuliah dan praktikum (mine-on).

Prestasi akademik seperti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Kompetisi Robot, Kompetisi Mobil Listrik Hemat Energi, Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak, Drone, LKTI, dan prestasi lain yang berskala nasional dan internasional dapat diekuivalensi ke dalam SKS mata kuliah atau bahkan Tugas Akhir. Di samping itu, karya ilmiah mahasiswa juga dapat diekuivalensi dengan mata kuliah atau bahkan Tugas Akhir tergantung level karya yang dihasilkan. 
 
Kemudian, Program Studi D3-Teknologi Elektronika & Informatika secara bertahap juga menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan MBKM, maka mahasiswa dapat mengambil maksimal 40 SKS berkuliah masing-masing pada program studi lain di Fakultas yang sama atau di Fakultas lain di UMM dan magang industri (atau program MBKM lain) masing-masing pada semester 5 dan 6. Magang industri juga dapat berupa magang BUMN bersertifikat selama 1 semester pada semester 5 atau 6, yang dapat dikonversi dengan 24 SKS mata kuliah dan PKN.
 
Selain itu sebelum lulus mahasiswa juga dibekali dengan sertifikasi kompetensi keilmuan, sertifikasi kemampuan bahasa asing, serta bimbingan karir dan kewirausahaan, agar lebih memiliki bekal dalam persaingan dunia kerja.